top of page
  • Gambar penulisHisar Global Indonesia

Tips Saat Bepergian Umroh & Haji

Diperbarui: 27 Mar 2023


Umroh atau yang biasa di sebut Haji kecil, adalah kegiatan di dalam agama islam yang di lakukan di mekkah, Khususnya di masjidil haram, Bagi jamaah di seluruh dunia yang beragama islam umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat di minati dan sangat di inginkan oleh banyak orang, khususnya berkunjunng ke masjidil haram, dan sholat di masjid Nabawi serta banyak destinasi atau tempat-tempat yang sangat bersejarah bagi umat islam, dan ada beberapa tips saat bepergian umroh untuk menjaga Kesehatan, keselamatan dan untuk menjaga amal ibadah yang telah kita lakuan saat umroh


Di Arab Saudi hanya terdapat dua musim, yakni panas dan dingin. Meski mirip dengan Indonesia, terdapat perbedaan dari segi kelembaban yang menyebabkan di Arab sangat jarang sekali hujan.Dua kota yang tentunya disinggahi oleh para peziarah dari Indonesia adalah Makkah dan Madinah, yang memiliki sedikit perbedaan suhu karena letak geografisnya. Kalau kita sudah mengetahui suhu dan musim di sana, kita bisa menyesuaikan dan mengantisipasi dengan membawa perlengkapan untuk kenyamanan kita selama di Arab Saudi


Banyak yang membutuhkan kekuatan fisik, seperti tawaf (keliling Kabah) sebanyak 7 kali dan sai (berlari kecil dari Safa ke Marwah) 7 kali. Jarak tempuh tawaf sangat bergantung pada kedekatan jemaah dengan Ka'bah yang menjadi pusat pengitaran, mulai dari 200 meter seputaran (1.400 meter untuk 7 putaran) dan semakin jauh dari Ka'bah semakin jauh jarak tempuh. Lalu, jarak antara Shafa ke Marwah sekitar 450 meter, sehingga perjalanan tujuh kali berjumlah kurang lebih 3,15 kilometer. Jadi, tawaf dan sai adalah perjalanan total minimal 4,55 kilometer ditempuh dengan jalan kaki.Kemudian

Menjaga Kesehatan baik sebelum Keberangkatan, saat melakukan umroh dan untuk kepulangan ke negara dan daerah masing-masing, banyak sekali yang tidak bisa menjaga Kesehatan saat beribadah di tanah suci mengakibatkan ibadah dan kegiatan terganggu, maka dari itu diharuskan saat melakukan ibadah ke tanah suci untuk membawa obat-obatan pribadi untuk persiapan jikalau jamaah sakit dan membutuhkan vitamin.


Terdapat sejumlah aturan terkait kesopanan di negara Islam ini, yang terangkum dalam Piagam Kesopanan Umum (Public Decorum Charter). Secara umum seperti dikutip dari visitsaudi.com, semua orang harus berpakaian sopan dan wanita harus menutupi bahu dan lutut di tempat publik. Di tempat umum, orang juga tidak boleh bermesraan serta menggunakan bahasa kasar atau menunjukkan gaya tubuh yang tidak sopan. Selain itu, tidak diperbolehkan membawa, membeli dan mengkonsumsi minuman beralkohol di Arab. Tidak diperkenankan juga melakukan tindakan yang menunjukkan kebencian, rasisme, diskriminasi, dan perilaku tidak senonoh termasuk kekerasan seksual. Pelanggar aturan kesopanan ini akan terkena denda mulai dari SAR50 hingga SAR6.000 (Rp180.000 hingga Rp2,25 juta).


Ada beberapa kebiasaan baik orang-orang asli Arab. Salah satunya adalah ketika azan berkumandang, semua orang pasti langsung meninggalkan aktivitas atau pekerjaannya dan pergi untuk shalat berjamaah di masjid. Jadi, tidak heran bila pedagang di pasar meninggalkan begitu saja barang dagangan ketika mendengar panggilan shalat.

Contoh lain, orang Arab terbiasa bersuara keras dalam mengekspresikan kekuatan dan ketulusan. Namun, hal ini jangan disalahartikan bahwa mereka gampang marah, hanya saja memang kebiasaan mereka seperti itu. Sebaliknya, wanita tidak perlu tersenyum untuk menunjukkan kesopanan karena bisa ditafsirkan sebagai menggoda dalam budaya Arab.


Sebelum berangkat ke Tanah Suci, calon jemaah sangat disarankan untuk mengikuti manasik atau peragaan pelaksanaan ibadah yang diselenggarakan oleh biro perjalanan. Dalam manasik, kita bisa belajar praktik ritual dengan kondisi mirip di Tanah Suci dan menanyakan hal yang belum kita mengerti kepada pembimbing umroh.



6. Persiapan Biaya

Umroh adalah ibadah yang ditujukan bagi umat yang mampu, termasuk mampu secara material. Dan Menabung untuk berangkat umroh maupun haji bisa menjadi alternatif untuk memampukan diri agar bisa berangkat ke Tanah Suci tanpa utang. Dan menabung untuk persiapan di tanah suci untuk pegangan jamaah, untuk membeli oleh-oleh untuk orang-orang tersayang di negara atau di daerah masing-masing.


Keuntungan Umroh bersama Hisar Global Indonesia


Kelebihan menggunakan Travel Umroh kami dalam paket yang kami berikan sudah include semua, mulai dari perlengkapan, perngusan visa dan sudah 3 kali umroh dan hisar global Indonesia sendiri adalah perusahaan travel yang berdiri di bawah pondok pesantren sulaimaniyah dan travel kami sudah ter sebar di seluruh Indonesia dan sudah kurang lebih 10.000-+ keberangkatan jamaah dari berbagai daerah, mulai dari pulau jawa, Kalimantan, Sumatera dan hingga ke daerah papua.


Sedikit ringkasan pondok pesantren sulaimaniyah Yayasan Sulaimaniyah telah didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan memberikan dukungan pendidikan dan sarana prasarana kepada para santri. Sementara itu,pada tahun 2009 sampai saat ini telah melanjutkan program mendidik dan mencetak para hafiz dan hafizah (penghafal) Al-Quran. Saat ini yayasan kami telah berkembang dan memiliki puluhan cabang di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia dalam waktu singkat dengan dukungan Anda serta para sukarelawan Indonesia dan Turki. Semua usaha dan kerja keras yang kami lakukan adalah untuk generasi muda yang akan mengembangkan ilmunya di jalan Ashabus Suffah dengan cara mengedepankan kualitas pendidikan, kedisiplinan dan system tahfidz yang sangat baik. Kami berusaha mendidik para generasi muda untuk menuntut ilmu sekaligus mengarahkan meraka beramal dengan ilmunya.


Adapun link pendaftaran umroh & haji kami :
Pondok Pesantren Sulaimaniyah :




Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page