top of page
  • Gambar penulisHisar Global Indonesia

Menjajal Mobil Golf Menyusuri Pedestrian dari Masjid Nabawi ke Masjid Quba


Madinah- Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid yang istimewa untuk umat Islam. Ini merupakan masjid kedua yang dibentuk Rasulullah SAW.

 

Masjid awal yang dibentuk Nabi Muhammad SAW ialah Masjid Quba, yang didirikan dalam ekspedisi hijrah dari Makkah ke Madinah. Sedangkan Masjid Nabawi sendiri dibentuk kala Rasulullah SAW datang di Madinah.

 

Jarak antara Masjid Nabawi serta Masjid Quba dekat 3, 5 km, membujur dari arah utara( Masjid Nabawi) ke selatan( Masjid Quba). Bila ditempuh dengan jalur kaki, kurang lebih memakan waktu 50- 60 menit.

 

2 masjid istimewa itu saat ini tersambung dengan pedestrian( jalan pejalan kaki). Lebar pedestrian dekat 15 m, dibagi jadi 3 jalan. Sisi kiri serta kanan buat pejalan kaki, sedangkan bagian tengah buat jalan mobil golf, sepeda, serta skuter.

 

berupaya menelurusi jalan ini dari Masjid Nabawi usai salat Isya, Selasa( 9/ 7/ 2024), dekat jam 21. 00 WAS. Dari arah Masjid Nabawi, aku mengarah arah Masjid Ghamamah, di situ terdapat halaman yang lumayan luas serta jadi titik dini pedestrian.

 

Tidak jauh serta masih di zona Masjid Ghamamah, aku memandang beberapa mobil golf parkir, nampaknya lagi ngetem menunggu penumpang. Penasaran, aku juga bertanya kepada petugas. Benar saja mobil golf jadi kendaraan dari Masjid Nabawi ke Masjid Quba dengan tarif sekali jalur, penumpang wajib merogoh kocek SAR 20.

 

Sembari menyusuri gemerlap malam di selama pedestrian, aku juga memilah buat naik mobil golf. Dari halaman Masjid Ghamamah, ekspedisi diawali dengan menyusuri taman depan hotel jemaah haji, kemudian ke jalan di dasar fly over mengarah bagian Quba Front ataupun Waajihah Quba.

 

Nampak banyak jemaah yang memilah jalur kaki dari Masjid Nabawi mengarah arah yang sama, Masjid Quba. Sesekali berpapasan dengan mobil golf yang bawa penumpang dari arah kebalikannya.

 

Di mari, banyak pertokoan yang menjual minyak wangi sampai kafe dengan sajian kopi serta santapan kekinian ala burger serta sejenisnya. Cocok namanya, selama jalan ini pula banyak yang menjual santapan sampai oleh- oleh semacam sajadah serta pakaian.

 

Gemerlap malam dibalut lampu- lampu di selama pertokoan di kanan- kiri pedestrian menaikkan kesan eksotis atmosfer malam di Madinah. Semerbak wangi bahur yang terbakar menyeruak terus menjadi menaikkan nuansa keakraban Kota Madinah.

 

Deretan pepohonan ini ditanam berjajar dengan jarak dekat 8 m terletak di selama jalur mengarah Masjid Quba. Pada ujung jalan ini, ada halaman bermain yang lumayan luas dengan view Masjid Quba.

 

Tidak terasa dekat 10 menit ekspedisi, mobil golf yang aku tumpangi hingga di Masjid Quba. Aku menyempatkan diri buat salat sunnah di Masjid Quba.

 

Buat kita tahu, Masjid Quba tercantum salah satu masjid yang di sebutkan dalam ayat suci Al- Quran. Dalam Angkatan laut(AL) Quran disebutkan kalau Masjid Quba merupakan masjid yang dibentuk dengan bawah ketaatan serta ketakwaan Rasulullah SAW kepada Allah SWT.

 

" Sebetulnya masjid yang didirikan atas bawah takwa( Masjid Quba) semenjak hari awal merupakan lebih pantas kalian salat di dalamnya. Di dalam masjid itu terdapat orang- orang yang mau mensterilkan diri. Serta Allah menggemari orang- orang yang bersih."( QS At- Taubah 108).

 

Sampai hari ini, pesona keelokan Masjid Quba sanggup menarik ribuan wisatawan tiap harinya. Tidak hanya mempunyai nilai sejarah, Masjid Quba pula mempunyai keistimewaan serta keutamaan yang dapat dijadikan amalan buat menaikkan keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT.

 

Untuk jemaah haji Indonesia ataupun turis yang lain yang berkunjung ke situ, umumnya hendak melakukan salat 2 rakaat. Perihal ini disebabkan masjid ini mempunyai keutamaan untuk orang yang salat di dalamnya. Di antara lain salat di dalamnya bernilai semacam pahala umrah, Rasulullah SAW bersabda:

 

" Benda siapa yang keluar dari rumahnya setelah itu menghadiri masjid ini, ialah Masjid Quba setelah itu salat di dalamnya, hingga pahalanya semacam dia melaksanakan umrah."( HR Ibnu Majah)



 

Nama : Abi Samsul Ma’arif

Hisar Global Jawa Barat

No Whatsapp : 08111613221

judul : Menjajal Mobil Golf Menyusuri Pedestrian dari Masjid Nabawi ke Masjid Quba

31 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentarer


bottom of page