top of page
  • Gambar penulisHisar Global Indonesia

Masjid Ghamamah


Masjid Ghamamah

Hai Sahabat Hisar!! Tentu, berbicara sejarah pasti tak akan ada habisnya.. namun, ada suatu hal yang menarik dan wajib sahabat Hisar ketahui nihh…


Masjid Ghamamah ya Masjid Ghamamah memiliki lembaran-lembaran sejarah yang sangat menarik, termasuk mengenai burung merpatinya loh. Mari kita bedah sejarah :


Lokasi dan Awal Mula Masjid Ghamamah:

Masjid Ghamamah terletak sekitar 300 m di sebelah barat daya Masjid Nabawi, di Kota Madinah, Arab Saudi. Pada masa lalu, area di sekitar masjid ini adalah tanah lapang yang digunakan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, Idul Adha, dan sholat Istiqa’ (sholat memohon hujan).


Di sekitar Masjid Ghamamah juga terdapat masjid-masjid lain seperti Masjid Abu Bakar, Masjid Ali bin Abi Thalib, dan Masjid Umar, serta Pasar Kurma Tradisional. Keberadaan masjid-masjid ini menunjukkan bahwa tempat ini pernah digunakan sebagai Mushalla, tempat sholat Ied dan sholat Istiqa’.


Arti Nama “Ghamamah”:


Kata “Ghamamah” dalam bahasa Arab berarti “awan” atau “mendung.” Masjid ini diberi nama Ghamamah karena pada suatu waktu, penduduk sekitar Madinah mengalami kekeringan dan meminta Rasulullah SAW agar Allah SWT menurunkan hujan. Rasulullah mengajak mereka ke tempat ini untuk melakukan sholat Istisqa’ dan berdo’a. Alhasil, awan berkumpul di langit Madinah dan hujan turun, hmmmm bayangkan hujan di kota Madinah begitu syahdu yaah hehehe… sehingga masjid ini juga disebut sebagai Masjid Ghamamah.


Peristiwa Penting di Masjid Ghamamah:

Masjid Ghamamah bukan hanya tempat sholat Ied, tetapi juga tempat Rasulullah SAW pertama kali memimpin sholat Ied. Setiap tiba hari raya, beliau mendirikan sholat Ied di sini karena dulunya masjid ini merupakan area tanah lapang.


Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Zaid, salah satu sahabat Nabi, disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengajak penduduk sekitar Madinah ke Mushalla (tanah lapang tempat sholat) untuk melakukan sholat Istisqa’. Beliau berdoa kepada Allah SWT sembari menghadap kiblat dan memalingkan punggungnya kepada orang-orang. Kemudian turunlah hujan sebagai jawaban atas doa beliau.


Jadi, Masjid Ghamamah memiliki sejarah yang kaya dan masih banyak lagi tentunya….

Sahabat Hisar tau sejarahnya burung merpati dikota Madinah? Yukk ikuti kami terus untuk mendapatkan info sejarah terbaru tentang Tanah Suci……


Info Umrah : 0813-2581-5982 (abi Hisyam)

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page